gangguan psikosomatik , tanggulangi dengan ibadah dan kekebalan stress

Manusia adalah mahluk somato-psiko-sosial-spiritual, yang terdiri dari fisik, jiwa , spiritual, dan mahluk yang harus berinteraksi secara sosial dengan orang lain yang keempatnya saling berinteraksi karena unsur-unsur tersebut saling berkait, dan saling mempengaruhi sejak saat pembuahan sampai akhir hayatnya. Semua permasalahan yang timbul harus dicari keterkaitannya dengan melihat keempat unsur tersebut, agar pemecahannya masalah manusia lebih optimal

Bila permasalahan yang timbul hanya dilihat satu aspek saja , sedang ke-3 yang lain tidak diperhatikan , maka pemecahan masalah tidak akan berjalan secara sempurna . pendekatan seperti ini disebut pendekatan holistik.yang mempertimbangkan dan memperhatikan manusia dalam 4 unsur secara keseluruhan

Penyembuhan seseorang akibat gangguan psikosomatik ini tidak hanya berupa obat-obatan yang disesuaikan dengan gejala yang timbul tapi juga dengan menganjurkan pola hidup yang baik, olah raga, menyalurkan hobi, dan yang juga sangat penting adalah meningkatkan ibadah. Dengan peningkatan motivasi beribadah dan sikap beribadah, maka pasien akan memperkuat mental dan psikisnya , dan mendapat ketenangan. Dengan mengingat Allah maka harinya akan menjadi tenang dan tentram seperti Dalam Al-Quran surat Al-Rad (13:28) Allah berfirman. (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Menurut Hawari Ada beberapa pengelolaan terhadap stress, yaitu

1. Olah raga.

2. Rekreasi

3. Kasih sayang

4. Sosial ekonomi

5. Menghindari Rokok

6. Pergaulan/Silaturahmi

7. Tidur yang cukup

8. Makanan yang seimbang dan teratur

9. Pengelolaan waktu yang baik

10. Agama

Motivasi adalah kecenderungan yang timbul pada seseorang untuk melakukan sesuatu aksi atau tindakan dengan tujuan tertentu yang dikehendakinya. Dengan motivasi, kita akan mengukur prilaku orang tersebut , bagaimana ia memberi perhatian, mengetahui relevansi antara motivasi dan kebutuhannya, kepercayaan dirinya dan hasil yang dirasakannya setelah ia melaksanakan motivasi, yang kemudian oleh peneliti di nilai sikap dan prilakunya .

Ibadah adalah amalan yang diniatkan untuk berbakti kepada Allah SWT, dengan menjauhi laranganNya dan melaksanakan perintahNya, yang pelaksanaanya diatur, secara syariah.

Jadi perilaku Ibadah adalah sikap seseorang untuk berbakti kepada Allah untuk mencapai tujuan hidupnya, yaitu mendapat ridho Allah..

Bagaimana kita menanggulangi stress agar terhindar dari psikosomatik , adalah dengan beribadah yang iklash. Allah berfirman dalam Al-Quran ” Katakanlah ,’Sesungguhnya Shalat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam ” (al-An’amm:162)

QS Az-zumar 39:2. Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.

Gangguan psikosomatik adalah gangguan atau penyakit dengan gejala-gejala yang menyerupai penyakit fisis dan diyakini adanya hubungan yang erat antara suatu peristiwa psikososial tertentu dengan timbulnya gejala-gejala tersebut (IPD Mudjaddid, Shatri,, 684).

Gangguan psikosomatik tidak terlepas dari berbagai stresor psikososial dimana setiap keadaan atau peristiwa yang menyebabkan perubahan dalam kehidupan seseorang, sehingga ia harus menyesuaikan diri menanggulangi segala perubahan yang timbul, dan jenis-jenis stresor yang timbul misalnya: (1) stresor sosial seperti masalah pekerjaan, masalah ekonomi, masalah pendidikan, masalah keluarga, hubungan interpersonal, perkembangan, penyakit fisik, masalah kekerasan rumah tangga (2) stresor psikis seperti perasaan rendah diri, frustasi., malu, merasa berdosa. (3) stresor fisis (panas, dingin, bising, bau yang menyengat, banjir) dan lain-lain.

Stress menurut Hans Selye seorang ahli fisiologi dari Universitas Montreal merumuskan bahwa stress adalah tanggapan tubuh yang sifatnya nonspesifik terhadap tuntutan atasnya.

Menurut Dadang Hawari, istilah stress dan depresi sering kali tidak dapat dipisahkan, setiap permasalahan kehidupan yang menimpa seseorang (disebut stresor psikososial) dapat menyebabkan gangguan fungsi/faal organ tubuh. Reaksi tubuh (fisik) ini disebut stress, dan manakala fungsi organ-organ tubuh tersebut sampai terganggu dinamakan distress. karena stress tidak dapat dihindari yang penting bagaimana manusia itu dapat menyikapi hidupnya tampa harus mengalami distress.

(Hawari, 1998:44)

Kegelisahan adalah pangkal dari stress, menurut Hans Selye Stress may also be defined as “the sum of physical and mental responses to an unacceptable disparity between real or imagined personal experience and personal expectations.(Stress juga dapat diartikan sebagai sejumlah respon fisik dan mental yang tidak diharapkan karena ketidak seimbangan antara yang terjadi atau yang di angankan dengan yang diharapkan” Gejala fisik yang terjadi dapat akut atau kronik (Wikipedia, the free encyclopedia)

Dalam mengahadapi stress, respon tubuh terhadap perubahan tersebut dapat dibagi menjadi 3 fase (1)Alarm reaction (reaksi peringatan), pada fase ini tubuh dapat mengatasi stressor (perubahan) dengan baik, (2)The Stage of resisten (reaksi pertahanan), reaksi terhadap stresor sudah melampaui tahap kemampuan tubuh. Pada keadaan ini sudah dapat timbul gejala psikis dan somatic, (3)Stage of Exhaustion (reaksi kelelahan). Pada fase ini gejala-psikosomatik tampak jelas.

Dasar-dasar psikopatofisiologi , gangguan psikis/konflik emosi yang menimbulkan gangguan psikosomatik ternyata juga diikuti dengan perubahan fisiologis dan biokemis pada tubuh seseorang, dan perubahan fisiologi ini berkaitan erat dengan adanya gangguan sistem syaraf outonom vegetatif, sistem endokrin dan sistem imun

(E. Mudjaddid, Hamzah, IPD ,686)

Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan spikis antara lain :

  1. Dispepsia Fungsional
  2. Hipertensi esensial.

3. Asma bronkiale

  1. Depresi , merupakan gangguan afektif yang ditandai dengan adanya mood depresi (sedih). Hilang minat dan mudah lelah. Pada umumnya pasien datang ke klinik penyakit dalam dengan keluhan somatik.
  2. Ansietas merupakan kecemasan yang berlebihan dan lebih bersifat subyektif. Pada umumnya pasien datang ke poliklinik dengan keluhan somatik, dengan gejala cemas berlebihan, subyektif , tidak realistis.
  3. Nyeri Psikogenik adalah keluhan nyeri yang penyebabnya bukan penyebab penyakit organik ditemukan gejala nyeri tampa kelainan organ yang jelas misalnya nyeri kepala, migren, mialgia, atralgia.

Motivasi dan sikap beribadah yang iklash dapat dijadikan alternatif sebagai psikoterapi suportif yang dapat mestabilkan hormon stress yang biasanya terpicu dalam jumlah banyak ketika stresor yang datang bertubi-tubi dan menyebabkan gejala-gejala psikosomatik. Sebelum gejala tersebut berkepanjangan, pasien di motivasi untuk mempertinggi ibadahnya sehingga selain diberikan pengobatan somatoterapi, maupun manipulasi lingkungan juga kita memberi beberapa tuntunan Ibadah seperti menjalankan solat 5 waktu tepat waktu, solat tahajud pada sepertiga malam terakhir, puasa sunah , zikir dan sodaqah. Nasehat secara verbal dapat memberi support kepada pasien agar dapat menjalankan hidup ini lebih rileks dan

Dengan memberikan motivasi yang dapat menimbul motivasi intrinsik dari diri sendiri iklash menjalankan ibadah seperti yang diperintahkan dalam rukun Islam seperti Shallat, puasa, zikir, zakat dan shodaqah, haji dengan iklash diharapkan hati ini dapat menjadi lebih tenang, ketenangan akan menanggulangi stress dan pencegahan terhadap psikosomatik.

Beribadah adalah pengakuan kita terhadap Allah , dimana kita bergantung hanya pada satu yaitu Allah yang menciptakan manusia , dunia, dan alam semesta. Dengan pengakuan ini, timbulkan rasa aman dalam jiwa manusia bahwa ada pendukung hidupnya yang amat dekat, yang tidak akan pernah membuatnya sedih. QS, At-Taubah :40 ….La tahzan Innalaha Ma’ana, ”janganlah kamu bersedih sesugguhnya Allah berserta kita”

Dalam beribadah kita memerlukan motivasi motivasi menggerakkan sikap, tampa ada motivasi yang didasari keiklasan, apalagi semata-mata hanya menjalankan kewajiban, maka ibadah tersebut menjadi kering tampa makna. Bila kita membaca Quran tampa mengerti artinya , nasehat Allah kepada kita tidak akan masuk dalam dalam hati maupun jiwa kita.Bila tidak tertanam dalam jiwa, bagaimana mengamalkannya? Dalam Surah Fushilat :44 Allah berfirman”Qul huwa lil ladziina aamanuu hudaw wa syifaa ” yang artinya ” katakanlah :”Al-quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman”(QS, 41;44)

Dengan memberikan motivasi yang dapat menimbul motivasi intrinsik dari diri sendiri iklash menjalankan ibadah seperti yang diperintahkan dalam rukun Islam seperti Shallat, puasa, zikir, zakat dan shodaqah, haji dengan iklash diharapkan hati ini dapat menjadi lebih tenang, ketenangan akan menanggulangi stress dan pencegahan terhadap psikosomatik.

stress , dan penyakit Jiwa

Hidup ini penuh dengan segala cobaan jadi tidak mungkin hanya tidur, makan tampa bekerja, tidur kebanyakan juga bisa stress, kebanyakan kerja juga bisa stress, jatuh cinta enggak kesampaian juga bisa stress. hari ini jumat taggal 9 november , saya dan staf saya berkunjung ke rumah pasien-pasien yang menderita gangguan kejiwaan, beberapa dari mereka menunjukan hal yang menggembirakan, karena ada yang menderita skizofrenia , sekarang sudah bisa sembuh walaupun dalam pengawasan obat dan rawat jalan, alhamdulillah 2 dari penderita skizofrenia ada yang sudah menikah tahun ini dan sedang hamil. keberhasilan pengobatan adalah disebabkan berbagai faktor , yaitu pengobatan yang intensif, dukungan dari keluarga dan masyarakat. semakin dini pengobatan, makin prognosis nya makin baik.

27 thoughts on “gangguan psikosomatik , tanggulangi dengan ibadah dan kekebalan stress

  1. saya (27) mengalami psikosomatis sudah 4 thn…sampai sekarang saya masih belum keluar dari kesulitan ini…gejala yang saya alami adalah asam lambung yang tinggi, mudah lelah, emosi tidak stabil, tidak percaya diri, cemas, takut, dll…
    hingga saat ini saya belum juga menemukan apa penyebab dari penyakit ini.
    kira2 apa yang harus saya lakukan…
    Thx..

  2. psikosomatik. Adalah gejala fisik yg disebabkan stres. Rasa cemas. Takut. Cobalah untk mengendalikan stres dgn sugesti positif. Ucapkan kata kata spt. Tuhan selalu menyertaiku. Tuhan tak akan memberi cobaan melebihi kemampuanku. Bila sudah timbul gejala maag obatilah. Dan buang jauh jauh pikiran negatif. Ok percayalah hidup ini sudah ada yg mengatur. Tenangkan hati dan emosi.

  3. Sy sdh lama menderita psikosomatik,bdn jd limbung,cemas yg tdk jelas,takut kematian,hipertensi n jantung berdebar..sdh ke psikiater diberi obt unt menekan depresi,tp stlh minum kok jd ngantuk skl…sy jd takut mau minum obtnya. Sy hrs bgmn ya? Spy bs normal lg.

  4. Pingback: Psikosomatik? « Casa de Ninos

  5. mungkin saya juga menderita psikosmtik. pemicunya terutama karena rendah diri, sisebabkan karena “ketidaksempurnaan lisan” saya (gagu dlm situasi tertentu). jelas dan nyata kegaguan saya terlihat manakala saya berbicara pada forum formal dg banyak orang. suara sulit keluar (gagap) walau di awal pembicaraan saja. bila sudah bicara agak lancar sedikit. suasana ini sangat menganggu saya di sekolah, maupun dipekerjaan. terapi wicara sempat saya jalani 3 bulan an. katanya ga ada gangguan apa2.
    Jadi benarlah lo saya penderita psikosmatik.
    Pembicaraan dlm suasana santai, saya dpt lancar dan enjoy.

    Oleh karena sumbernya adalah gangguan lisan saya (gagap) sejak kecil dan “tidak mungkin sembuh” Apa yg musti saya lakukan. sebenarnya dengan banyak kesempatan bicara di forum formal, dapat mengatasi masalah tsb. tapi kesempatan itu sulit saya raih (ciptakan) karena saya seorang bawahan.

    Terima kasih atas sharing knowledge nya, kami ingin berkonsultasi selanjutnya. mohon bantuan dan bimbingannya. email tsb diatas, nama sengaja kami samarkan (maaf). thanks

  6. Mungkin ini yg terjadi pada saya saat ini. Emosi saya bisa tak terkendali. Merasa minder dan direndahkan pasangan. Takut berhadapan orang banyak. Menangis tanpa sebab, merasa amat berdosa. Sy berusaha menumpahkan isi hati saya di diary, dan memberi semangat pd diri sendiri.stelah itu emosi saya stabil.karna sering stres/depresi, sy pernah opnam (skt gastritis,migren,anemia,infeksi sal.kemih).Please help me..apa yg harus saya lakukan ?

  7. Sudah hampir 2 tahun ini, Saya mengalami gangguan diseluruh tubuh. Mulai nyeri perut, nyeri kepala, nyeri dada, jantung berdebar, bahu dan punggung terasa sakit. Sudah check CT Scan, USG, Lab dan berbagai dokter spesialis, hasilnya normal tidak ada gangguan yg berarti. Pengobatan dokter, alternatif, herbal tetapi belum sembuh juga. Kata dokter saya mengalami Psikisomatis, Bener ga ya…..

  8. saya jg mengalami hal yg sama kadang2 takut kematian perut jadi sakit & asam lambung naik pusing sampai tdk tahu apa yg d pikirkan aku sdh 4 th mengalami ini aku sendiri tdk tahu hrs bagaimana sampai sering kedokter periksa tp tdk ada penyakitnya kalau ada masalah atu peristiwa yg menakutkan langsung sakit perut dan pusing

  9. Selain gejala2 diatas saya juga sering seperti ga bisa bernafas kadang karena kaget, emosi, terharu. Berbagai penyakit jg saya rasakan. Psikosomatik ini saya rasakan parah sejak 5 thn yg lalu wkt istri saya mau melahirkan dan kebetulan hrs pindah rmh bersalin dan menjadikan saya sangat panik sekali. Sudah setahun ini saya berobat disardjito bag. Psikosamatik karena disana ada doktek spesialis psikosomatik. Walaupun sedikit ada perubahan dan punya motivasi utk sembuh apalagi liat anak yg lucu karena br usia 4 thn rasanya pengen sekali menjadi seorang ayah yg bs melindungi dan menjadi kepala rmh tangga yg sesungguhnya, tdk malah sering dirumah dan sering tak berdaya malu dan ga enak bgt ma istri. Terus terang saya jg udah puluhan dokter specialis yg aku datengi semuanya blng tbh saya normal, dgn keterangan seperti itu saya tambah yakin klo yg bikin saya seperti ini adalah pikiran saya sendiri. Temen2 saya setuju sekali klo masalah kita ini paling tepat adalah mendekatkan diri kepada Alloh yg telah menciptakan kita, kita harus bs mencoba pasrah dan yg paling penting berdoa. Semoga doa dan keinginan kita utk bs lebih baik dikabulkan Alloh. AMIN

  10. saya menderita sakit kulit neodematitis ( penyebab dari fikiran) sdh 10 tahun. dan bahu saya nyeri sdh 10 thn juga tapi belum tau apa pentyebabnya.
    saat saya makan obat dari dr.kulit sakit bahu yg saya rasakan sepertinya hilang dan setelah habis obatnya sikit di bahu muncul lagi.
    apakah saya penderita psikosomatik..?

  11. saya, punya problem dengan berpergian jauh. baik lewat transportasi darat, laut maupun udara. saya selalu merasa tidak nyaman, keluar keringat dingin, bahkan muntah hingga badan saya lemas dan panas. tiap kali keluarga atau teman ingin mengajak saya jalan-jalan keluar kota pasti agak canggung karena saya dicap sebagai “pemabuk” dlm perjalanan. di keluarga saya tidak ada yg seperti saya. saya sdh berobat kemana2 dari medis hingga alternatif tp tdk ada hasil. hingga saya mulai brpikir jgn2 saya menderita psikosomatik. apakah itu benar dok ? apa yg harus saya lakukan ? saya sdh mcoba untuk mensuggesti diri saya sndiri tp hslnya nihil…

  12. semenjak sya masuk dunia pendidikan khusus kesehatan sya bnyak mengenal tanda N gjla tentang penyakit….nah….distulah setiap ad perubahan…tanda or gejla up normal dlam tbuh x x sllu cemas…sedikit2 pasti x periksakan ke dokter…sya pnya riwayat pnyakit gastritis..setiap x stres banyak fikiran perut x kambuh…trus tersa ad bnjolan dlam perut x… Trus dada x terasa sesak…jantung x pun tersa gak normal…sya sudah periksakan ronsen thorak,jantung,USG,endoscopy hasilnya normal…..ap yg sya alami ini jga termasuk psikosomatis?????….tlong bri sya masukan ap yg harus sya lakukan.’??????

  13. pasikomatik adah penyakir yg saya derita 5blan yg lalu.semenjak itu gejala yg ditimbulkan adalah asam lambung tinggi,jantung berdebar2,badan bergetar..saya cek ke dokter jantung dan jantung saya di rekam ternyata normal2 saja..kata dokter saya terkena psikosomatis..dan saya di suruh pergi ke psikiater dan psikolog..alahmdulilah saya sudah bisa sembuh..pokoknya qta jgn berpikiran aneh2 tentang penyakit.itu intinya kunci buat sembuh dari psikomatik..

  14. sy jg sepertinya mengalami psikosomatik,,sudah berulang x bolak balik ke dokter dg keluhan yg beragam,setiap ada rasa skit lgsg otak sy b’pikir yg parah,,dr papsmear,usg mamma,6x ke spesialis kandungan,penyakit dlam,dg stiap x ke dktr tangan&kaki basah krn keringat dingin,lemes&berdebar krn takut,,alhmdlh tdak ada suatu yg berarti,tp kenapa rasa skit yg sy rasakan ga ilang2 dan kdg bertambah dimana2,,gmn cara ngilanginya?sy bner2 bingung,memag dg solat dll itu membantu skali,tp kl lg timbul pikiran jelek itu ga bs dilawan.jujur dg perilaku sy yg seperti ini,sdkt mengganggu rmh tangga,,krn sy jd banyak sedih & mengeluh…,,smoga aja smua baik2 aja..amin…

  15. psikosomatik adalah gejala fisik yang tjd krn tekanan psikis, antara lain dr pikiran negatif, kecemasan, depresi, shg bila kita dpt mengubah pikiran jelek jadi positif otomatis tubuh juga tenang, hilangkan kecemasan, krn anda pasti akan baik2 saja, tak ada cobaan melebihi kemampuan. Ambil nafas panjang 7 x dan ber istighfar, selalu bersyukur, agar hati sll tenang.

  16. neurodermatitis adalah penyakit kulit eksim yang bersifat alergi dan disebabkan oleh stres pikiran, dan memang akan muncul dikala pikiran sedang ruwet. Coba tenangkan pikiran. Pakai obat dan cream yang disarankan dokter anda, tapi anda harus menghilangkan kecemasan di hati dan pikiran agar neurodermatitis anda tidak sll kambuh. Alergi pada setiap orang memang berbeda2, krn sifatnya diturunkan. Jadi tidak akan hilang, shg skrg hanya diperlukan ketenangan dan keiklasan .

  17. ass teman2 yg sepenanggungan…dan terima kasih buat dr. liza yg bkn blog ini dg artikel yg bgs dan bermanfaat sekali….tapi saya msh bingung apa yg terjadi pada diri saya yg sehari2 kalau jalan dipasar bdn pst melayang dan malahan pusing..ini terjdi udah hampir 2 bln dan malahan kdng timbul perasaan mau mati…pusing….klo misalkan ada masalah dan tekanan pasti saya lsg keringat dingin bdn bergetar dan mual dan pusing seakan akan mau pingsan…saya udah coba berobat ke dr syaraf dan dr cuma ngomong adanya gangguan keseimbangn tapi sampai sekarang perasaan itu masih dtg….perasaan aneh itu datang bila…pas sholat berjamaah..pas acara kondangan…acara resmi…acara formal…pokoknya berhubungn dg situasi yg ada tekanannya…mohon solusinya …sampai hari ini gak ada ketemtraman dihti saya lagi…padahal saya udah punya anak…trims

    • Anda periksa darah ya, apakah hb darah anda bagus, bila normal, anda tenangkan. Diri, coba anda baca di web saya ini tentang hipnoterapi, dicoba sendiri, dan rasakan hasilnya

  18. saya terkena penyakit ini sudah lama,tapi baru di sadari setahun yg lalu seytelah berobat ke dokter dengan berbagai pemeriksaan medis namun hasilnya normal semua,saya sering kumat di kantor klo dalam keadaan tertekan,badan keringat dingin,detak jantung cepat,susah bernafas,pucat dan lemas tak bertenaga,sampai sekarang msh suka kambuh,sdh stop pengobatan medis,tuhk mengatasi masalh kondisi fisik saya konsumsi teh sarang semut tiap hari,alhamdulillah tensi bisa stabil walau kadang klo malam masih sering keluar keringat dingin
    memang penyakit ini sungguh sangat menyiiksa hidup saya,bahkkan sdh 3 kali mau resigh dari pekerjaan saya

  19. Pingback: Psikosomatis dan Anxietas. | AldoBendul

    • Multifaktor lah penyebab dari gangguan psikosomatis ya
      Setelah terjadi gangguan psikosomatis terjasi gangguam hipertensi. Asma yg terpicu karena alergi dan psikologis. Depresi yg kemudian menjadi psikosomatis. Kembali ke anamnesa. Pem fisik sll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s