self hipnoterapi

Hipnosis modern adalah ilmu yang telah lama berkembang sejak abad 19, di Indonesia hipnosis masih termasuk ilmu yang salah kaprah karena dianggap dapat membuat orang lupa diri dan melakukan hal-hal yang aneh. padahal hipnotis yang ada di televisi hanya bagian dari ilmu hipnosis yang disebut stage hipnosis atau hipnosis untuk entertaiment dan pertunjukan.

Dalam kedokteran hipnosis disebut hypnotherapy, hipnotehrapi dianggap dapat menstimulir otak untuk melepaskan neurotransmiter, zat kimia yang terdapat di otak, encephalin dan endhorphin yang berfungsi untuk meningkatkan mood sehingga dapat merubah penerimaan individu terhadap sakit atau gejala fisik lainnya.

Hipnotis sendiri adalah seni berkomunikasi, dengan tehnik yang sistematis, sehingga bisa memasukkan suatu sugesti ke alam bawah sadar manusia. dengan hipnosis kita dapat merubah pikiran dan prilaku negatif,membangun percaya diri, membangkitkan motivasi, dan menyembuhkan trauma seperti trauma akibat musibah, trauma ketakutan atau fobia, dan penyakit psikis yang muncul pada gejala fisik (psikosomatik).Sekarang ini hipnosis dipakai dalam upaya mengurangi rasa takut melahirkan sehingga ibu hamil siap menghadapi kelahirannya dengan tenang dan percaya diri (Hipnobirthing). Pelatihan-pelatihan yang sedang menjamur di kota-kota besar dari untuk meningkatkan percaya diri, motivasi, quantum learning, quantum teaching, semuanya bermuara pada hipnosis.

bagaimana hipnosis bekerja, adalah ketika kita sedang rilex dan tenang, dimana gelombang otak kita dapat turun dari beta ke alfa dan theta. kondisi tenang, rilex bisa didapat ketika kita sedang menonton tv, zikir, doa, sholat, meditasi. Hipnosis bekerja ketika fokus dan dalam kondisi kondisi konsentrasi penuh.

kondisi gelombang otak manusia yang di teliti dengan alat EEG
* Beta ( 14 – 25 Hz)(normal);
Atensi, kewaspadaan, kesigapan, pemahaman, kondisi yang lebih tinggi diasosiasikan dengan kecemasan, ketidaknyamanan, kondisi lawan/lari
* Alpha (8 – 13 Hz)(meditatif);
Relaksasi, pembelajaran super, fokus relaks, kondisi trance ringan, peningkatan produksi serotonin, kondisi pra-tidur, meditasi, awal mengakses pikiran bawah sadar (unconscious)
* Theta (4 – 7 Hz)(meditatif);
Tidur bermimpi (tidur REM/Rapid Eye Movement), peningkatan produksi catecholamines (sangat vital untuk pembelajaran dan ingatan), peningkatan kreatifitas, pengalaman emosional, berpotensi terjadinya perubahan sikap, peningkatan pengingatan materi yang dipelajari, hypnogogic imagery, meditasi mendalam, lebih dalam mengakses pikiran bawah sadar (unconscious)
* Delta (0,5 – 3 Hz)(tidur dalam);
Tidur tanpa mimpi, pelepasan hormon pertumbuhan, kondisi non fisik, hilang kesadaran pada sensasi fisik, akses ke pikiran bawah sadar (unconscious) dan memberikan sensasi yang sangat mendalam ketika diinduksi dengan Holosinc

Beberapa contoh kondisi Hipnosis, contohnya ketika sedang zikir kita meneteskan air mata, ketika kita memdengar lagu kita hanyur didalamnya,ketika kita membaca novel ataupun menonton film kita ikut larut didalamnya dan membuat kita ikut menangis, ikut benci pada tokoh jahat, ikut emosi sampai teriak-teriak. kita sholat sambil menangis, dan merasakan ketenangan yang luar biasa ketika sholat. inilah hipnosis, inilah kondisi kita sehari-hari, jadi itulah ilmu yang kita anggap ilmu yang mistik, padahal bukan mistik bukan magic, hipnosis ilmu modern, dan dipakai di luar negeri. Pendidikan hipnosis di America sudah sampai taraf doktoral atau s3.

Neuro Linguistic Program (NLP). merupakan suatu metodologi yang dikembangkan oleh John Grinder bersama Richard Bandler pada tahun 1970-an. Jurnal Modern Psychology menyatakan “NLP may be the most powerful vehicle for change in existence”.NLP mengajarkan hipnosis. mengunakan kekuatan kata untuk mempengaruhi tingkah laku manusia agar lebih baik.

Kata-kata yang ada dalam Al-Quran merupakan kata-kata hipnosis yang dapat mempengaruhi jiwa dan prilaku kita bila dengan keyakinan dan kesadaran kita masuk dalam alam bawah sadar kita secara terus menerus, begitulah hipnosis bekerja, sugesti harus diberi berulang-ulang, tidak harus dalam keadaan tidur, tapi bisa dalam waking hipnosis atau mata terbuka, orang tua memberi nasehat setiap hari tampa lelah keanaknya setiap waktu adalah bagian hipnosis yang berulang ulang diberikan agar masuk ke alam bawah sadar dan mempengaruhi prilakunya samapai dewasa.

Kata kata positif akan mempengaruhi tingkah laku seseorang karena ia masuk ke alam bawah sadar, anak anak mempunyai kondisi gelombang otak alfa sehingga kita harus menggunakan kata kata yang kongkrit, dan bukan abstrak. anak harus diajak bermain ketika kita memotivasi mereka belajar. ikut bermain didalamnya membuat anak akan mudah menangkap pelajaran yang kita inginkan.

hipnosis dapat kita lakukan sendiri disebut self hipnosis,Self Hypnosis adalah:
Membuka gerbang pikiran bawah sada ,Berbicara dengan pikiran bawah sadar sesuai dengan “bahasa”yang dipahaminya bagaimana hal tersebut kita lakukan …mudah sekali. carilah waktu yang rilex, biasanya ketika akan tidur, ketika sholat tahajud, ketika berdoapun bisa,caranya

1. pilih waktu misalnya anda mau tidur, atau anak anda mau tidur (bila anda ingin menghipnosis anak)
2. tutup mata anda, rilekskan leher, tangan, kaki, badan, katakan dalam hati bahwa mata anda, leher anda, badan, kaki, tangan telah lemas
3. ambil nafas dalam pelan dan hembuskan lewat hidung, berulang kali, bisa dengan zikir, bisa dengan mengucapkan Allah, berulang ulang tiap nafas dalam , awalnya dengan terdengar, lama lama dalam hati
4. bayangkan dan lihat dengan jelas dalam pikiran anda, anda berada disuatu tempat yang anda kenal dan anda merasa damai didalamnya, rasakan, lihat, dengar, begitu nyata anda disitu, rasakan kenikmatannya.
5. setiap hembusan nafas anda katakan dalam hati, terima kasih Allah atas hembusan nafas ini, setiap kesempatan hidup dan detik hidup yang kau berikan padaku, terima kasih Allah akan kemudahan nafas ini, akan nikmat kehidupan yang kau berikan padaku dan keluargaku. kadang betapa aku tidak bersyukur padaMu, ya Allah ampuni aku.
6. rasakan hembusan nafas dalam, sadari hdembusan nafas itu, dan rasakan sebuah sinar yang berasal dari alam semesta masuk dalam tubuh anda, rasakan dia berjalan kedalam pembuluh darah seperti oksigen, cahaya Allah melebur kalam setiap sel-sel tubuh anda memberi pencerahan, memberi kesembuhan, memberi kasih, memberi ketenangan, memberi kedamaian, memberi keindahan, Allah maha Baik memberi sinar yang menyusup mengalir di setiap detak jantung dan aliran darah.
7. bila anda sedang menghipnotis anak katakan kata kata positif seperti anakku engkau anak yang sholeh, pintar, sholeha, bijaksana, disayang guru dan teman, Allah memberi mu banyak kemudahan, mudah bersekolah, mudah mendapat teman, jadilah anak yang dibanggakan mama dan papa ya nak, menjadi anak yang disayang Allah.
8. bila anda sedang hamil, katakan selalu, aku akan melahirkan dengan mudah, Tuhan yang maha besar akan memudahkanku melahirkan mu anakku, aku akan selalu menjagamu dan memberimu yang terbaik, sering seringlah berbicara dengan bayi kita dan rasakan gerakannya dalam perut.
9. bila anda sedang sedih, maka katakan dalam hati bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umatnya, Allah selalu memjaga umatnya, tidak tidur dan selalu dekat, lebih dekat dengan urat leher.
10. bila anda ingin menguruskan badan maka bayangkan anda tiap hari selalu berolah raga dengan semangat, makan buah dan sayur yang banyak, anda sudah mempunyai badan yang langsing, anda melakukan pola hidup sehat, menjauhi ngemil2. anda terus pikirkan bahwa anda sudah langsing, anda semangat berolah raga. dan katakan bahwa hidup anda selalu bahagia, anda selalu damai, anda mempunyai badan sehat.

semua dilakukan dengan membayangkan betapa tenangnya anda, betapa bahagianya anda, betapa anda memjadi manusia yang penuh optimis, damai, visualkan apa yang anda bayangkan, dengan seutuhnya, begitu nyata dalam pikiran anda

selamat mencoba. rasakan setiap malam rasakan hasilnya dalam beberapa waktu, pasti anda akan merasa lebih yakin, lebih bahagia.

3 thoughts on “self hipnoterapi

  1. mau ikut tanya :
    1. bagaimana cara mengetahui masalah apa yg menjadi akar penyebab psikosomatis ? karena kita tentu punya banyak masalah
    2. kadang saya khawatir dg hipnoterapi, takut salah pilih karena jika salah maka bisa jadi terapi yg dilakukan menggunakan jasa “jin”. pada cara self hipnosis diatas disebutkan ada cahaya masuk dan kita harus membiarkannya. knp harus ada cahaya tsb, kan kita tdk tahu hakikat cahaya tsb, bisa jadi itu jin yg masuk seperti yg dialami praktisi tenaga dalam saat semadi/pengisian.
    terimakasih atas jawabannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s